Buah Tin Menu Spesial Berbuka Puasa


Buah tin, atau nama ilmiahnya ficus carica, kini menjadi hidangan spesial buka puasa, bagi warga Gresik.

Dulu mendengar nama buah tin saja dari sebuah cerita dan dongeng. Tapi saat ini, buah tin, yang sudah banyak di budidayakan oleh warga Gresik. Seperti yang dilakukan oleh Risna Kuntajaya, warga Banjarsari Cerme, membudidaya buah tin, dilahan 100 meter persegi.

Proses perawatan tumbuhan tin, juga tidak jauh berbeda dibandingkan jenis tumbuhan budidaya lainnya, diantaranya mensuplai air secukupnya, membungkus buahnya, maupun rajin memetik daunnya, untuk membantu mempercepat proses pembuahan.

Disaat bulan suci romadhan ini, menu olahan buah tin, menjadi hidangan spesial buka puasa, diantaranya kare buah tin, asem-asem sembilang buah tin, kikil buah tin, sayur lodeh buah tin, kolak buah tin, dan minuman kesehatan teh daun tin, menjadi hidangan primadona warga di kota santri gresik.

Selain sensasi kelezatanya yang menggugah selera, tanaman asal asia barat, yang kini menjadi tanaman budidaya dan tumbuh subur di kota Gresik, diyakini memiliki beragam khasiat. Diantaranya melancarkan air susu ibu (ASI), terapi penderita diabetes, wasir, memulihkan stamina, hingga melancarkan gangguan pencernaan.

Semua jenis makanan dam minuman yang menggunakan santan kelapa. Akan lebih terasa lebih lezat dan nikmat, jika ditambahkan kukus buah tin, atau buah tin, yang terlebih dahulu dimasak dengan cara dikukus. Hidangan buah tin, sangat cocok untuk menu buka puasa, karena tidak hanya sensasi kelezatannya, tetapi juga juga berkhasiat ,untuk melancarkan gangguan pencernaan, melancarkan pernafasan, dan memulihkan stamina

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to " Buah Tin Menu Spesial Berbuka Puasa"