Peraturan Permainan Catur Menurut FIDE Lengkap

Peraturan Permainan Catur Menurut FIDE

Bagi sobat pencinta catur yang akan mengikuti turnamen catur untuk pertama kali baik catur cepat (blitz) ataupun catur standar. Berikut saya sajikan peraturan bermain catur menurut FIDE. Peraturan pertandingan catur ini merupakan peraturan dasar yang wajib diketahui dan diikuti oleh pemain catur saat mengikuti turnamen. 

Yang terdapat dalam artikel ini merupakan terjemahan dalam bahasa indonesia. Jika ingin mendapatkan aturan versi lengkapnya silahkan di unduh di situs FIDE berikut namun dalam bahasa inggris.


Ringkasan Peraturan Bermain Catur Menurut FIDE: 

  1. Bermain catur harus sportif dengan tidak menggangu konsentrasi lawan yang sedang berpikir, berjiwa atlet dengan selalu berpedoman pada semboyan Catur Gen�s Una Sumus yang artinya kita Satu Keluarga. 
  2. Melangkah bergantian, pemain buah putih  berjalan duluan, lalu kemudian pemain Buah Hitam. 
  3. Buah yang sudah dipegang harus di jalankan, terkecuali buah tersebut tidak mungkin untukdi jalankan. 
  4. Langkah yang dinyatakan sudah selesai, apabila tangan telah melepaskan buah yang dipegang. 5. Buah yang dipegang, dan menyentuh Buah lawan, harus dimakan/ditangkap, terkecuali buah tersebut tidak mungkin untuk dimakan/ditangkap
  5. Rokade ada dua cara, yaitu : Rokade panjang dan Rokade Pendek. Raja harus di pegang duluan, dengan ketentuan raja tidak diancam oleh buah Lawan 
  6. Raja dalam Keaadaan Terancam (Open), dan lawan Salah melangkah, Langkah Tersebut bisa diulang (langkah lain).
  7. Bidak yang terdorong dua langkah, sejajar dengan buah lawan, terserah pemain yang bersangkutan dipukul atau Tidak (en passant). 
  8. Bidak Promosi, atau bidak di petak akhir harus diganti, terserah pemain yang bersangkutan. 
  9. Skak atau Ster, boleh dibilang dan boleh tidak. 
  10. Buah yang Dinyatakan Mat : Jika lawan menyerah, Raja lawan Mat, waktu berpikir sudah habis (jarum jam jatuh) .
  11. Buah yang dinyatakan Remis (Draw): Persetujuan kedua belah pihak, Skak abadi 3 kali berturut � turut, bangunan Sama 3 kali berturut- turut, tidak Saling Memukul Selama 40 langkah. 
Demikian peraturan dalam turnamen catur. Selamat bermain catur. Jika sobat masih pemula dan mau mengetahui aturan cara bermain catur, silahkan lanjut kehalaman berikut



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Peraturan Permainan Catur Menurut FIDE Lengkap"